0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Cara Simple Untuk Mengobati Gejala Flu Pada Anak

Apakah anak sedang mengalami gejala flu? Perubahan cuaca yang tak menentu membuat anak lebih mudah terkena penyakit yang satu ini. Gejala flu dapat mengganggu aktivitas anak sehari-hari.

Mulai dari demam dan batuk hingga sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri, dan kedinginan.

Tetapi Mama jangan khawatir dulu ya, karena cara untuk membuat gejala flu pada anak menjadi lebih baik.

Dalam banyak kasus, pengobatan rumahan sederhana mungkin yang dibutuhkan untuk meredakan gejala flu ringan hingga sedang.

Yuk simak cara sederhana meredahkan gejala flu pada anak berikut ini.

Tetap dirumah dan banyak istirahat

Mungkin sulit bagi anak untuk menghabiskan waktu dengan istirahat dan tidak boleh bermain dulu. Namun jelaskan pada anak bahwa dengan istirahat dan tidak kemana-kemana dulu dapat membantunya lebih cepat sembuuh.

Pada hari pertama anak memiliki gejala, segera hubungi wali kelas atau sekolah anak, dan beri tahu mereka bahwa anak tidak akan masuk selama beberapa hari.

Flu adalah penyakit yang mudah menular, sehingga anak perlu menjaga diri agar tidak bertemu dengan teman-temannya.

Manfaatkan waktu senggang dan biarkan anak beristirahat yang sangat dibutuhkan. Berbaringlah di sofa dan luangkan waktu untuk membaca dongeng, menonton DVD, atau sekadar tidur siang, sambil tubuhnya melawan virus.

Berikan anak banyak cairan

Pastikan anak mendapatkan lebih banyak cairan. Tidak semua harus air mineral, namun bisa didapatkan dari jus buah dan sup berbahan dasar kaldu.

Mereka menjaga sistem pernapasan anak agar tetap terhidrasi, dan membantu mengubah lendir yang kental dan jahat itu menjadi cairan tipis yang bisa dibatukan dan dikeluarkan. Karena jika menumpuk di paru-paru, itu bisa menyebabkan infeksi.

Menguapi wajah dengan air panas dan handuk

Butuh cara cepat untuk membuka saluran udara yang tersumbat? Selain dengan duduk di kamar mandi beruap, Mama dapat mendidihkan sepanci air dan angkat dari api.

Letakkan handuk di atas kepala anak, minta ia untuk tutup mata, dan menunduklah di atas air panas dengan handuk yang menutupi tubuh bagian atas seperti membentuk “tenda”. Minta anak bernapas dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik.

Dilansir dari WebMD, David Kiefer, MD, instruktur klinis kedokteran keluarga di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di Seattle, merekomendasikan menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau kayu putih ke dalam air untuk menghilangkan dahak.

Ulangi tips ini sesering mungkin untuk mengurangi hidung tersumbat

Semprot hidung dengan obat spray

Ada beberapa obat spray yang sudah terbukti ampuh mengatasi gejala flu dan anak.

Salah satunya adalah Betadine™ Kids Cold Defense Nasal Spray. Semprotan rongga hidung dengan Natural Carragelose™

Terbukti secara klinis membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu hingga 2 hari. Carragelose™, adalah bahan alami yang berasal dari jenis Rumput Laut Merah. Terbukti membantu menghilangkan beberapa jenis kuman penyebab Pilek & Flu seperti H1N1 dan Rhinovirus penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

Kandungan Carragelose™ digunakan untuk membantu mengurangi durasi dan keparahan gejala pilek dan flu hingga 2 hari, melembabkan lapisan rongga hidung untuk melindunginya dari kekeringan dan luka. Carragelose™ secara fisik akan membungkus virus/kuman pada lapisan hidung, menghalangi virus/kuman tersebut menyebar dan bermultiplikasi, serta membantu untuk menghilangkannya secara alami.

Betadine™ Kids Cold Defence Nasal Spray

Duduk di kamar mandi beruap

Hidung tersumbat sering menjadi masalah ketika anak mengalami flu.

Jika hidung anak tersumbat, Mama dapat mengatasinya dengan meminta anak duduk di kamar mandi dengan pintu yang tertutup.

Biarkan shower atau pancuran menjadi panas, sehingga kamar mandi terisi uap lembab.

Pastikan anak duduk jauh dari air untuk menhindari kulit yang terkena air panas dan menyebabkan luka bakar.

Aktifkan pelembab udara

Jika udara di rumah Mama kering, pelembap kabut atau alat penguap seperti humidifier dapat melembabkan ruang dan membantu mengurangi hidung tersumbat dan batuk.

Hindari menggunakan air hangat karena dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

Pastikan juga untuk menjaga kebersihan perangkat untuk mencegah berkembangnya jamur.

Nah itulah cara yang bisa dilakukan ketika anak mulai terkena gejala flu. Ketika gejala berkembang dan demam anak semakin meningkat, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter. Berkonsultasilah dengan dokter anak untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Leave a response