0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Ampuh

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan. Ketika begini, biasanya seseorang akan merasa sakit ketika menelan makanan maupun minuman. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya radang atau infeksi pada tenggorokan.

Lebih lanjut, beberapa orang yang merasa sakit tenggorokan saat menelan, disebabkan oleh gejala awal dari penyakit flu, batuk kronis, radang amandel, tukak, asam lambung yang naik ke kerongkongan, atau infeksi pada tenggorokan itu sendiri.

Sakit tenggorokan adalah kondisi yang membuat sangat tidak nyaman dan umumnya terjadi karena virus. Untuk itu, pastikan untuk segera mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Kumur Air Garam

Sebelum Anda pergi ke dokter, sebenarnya ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakitnya. Meski disisi lain, sakit tenggorokan bisa berangsur sembuh sendiri dalam waktu tertentu. Salah satu caranya yaitu dengan berkumur dengan air garam yang terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dan rasa panas akibat sakit tenggorokan.

Beberapa hasil studi pun menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam beberapa kali sehari, mampu mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, dan membilas bakteri penyebab iritasi. Dengan demikian, ketidaknyamanan saat menelan bisa sedikit lebih mudah.

Nah, cara membuat obat kumur alami ini, cukup dengan mencampur 1 sendok teh garam meja ke dalam secangkir air hangat. Kemudian, aduk sampai semua garam larut dalam air. Setelah itu, kumurlah selama beberapa detik.

Keluarkan dan ulangi kumur dengan air garam beberapa kali dalam sehari. Apabila rasa asin yang Anda rasakan tidak tertahankan, campurkan sedikit madu untuk menetralkannya. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ketika sakit tenggorokan terjadi, sebaiknya jagalah asupan cairan tubuh supaya meringankan rasa sakitnya. Pasalnya, apabila Anda kekurangan cairan, maka tubuh tidak bisa menghasilkan air liur dan lendir yang cukup untuk memastikan tenggorokan tetap kering. Hal inilah yang bisa menyebabkan pembengkakan dan peradangan semakin memburuk.

Dalam kondisi apapun, sebenarnya cairan tubuh harus dipenuhi paling tidak dengan minum sebanyak 8 gelas sehari. Namun, dalam kondisi sakit tenggorokan, konsumsi banyak cairan sangat diutamakan sehingga urin Anda tetap berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembab dan bekerja melawan bakteri penyebab iritasi.

Memperbanyak cairan berupa minum air putih adalah obat alami terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam yang lezat. Ketahuilah, dalam sup ayam ini terdapat kandungan sodium yang berfungsi sebagai anti peradangan.

3. Obat Sakit Tenggorokan

Bagi beberapa orang, mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi obat untuk mengobati sakit tenggorokannya. Ada beberapa obat dengan kandungan aktif yang dapat membunuh bakteri dan virus, akar penyebab sakit tenggorokan. Salah satunya adalah obat yang mengandung bahan aktif povidone-iodine. Povidone-iodine berfungsi untuk menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri, virus, dan jamur penyebab infeksi.

Povidone-iodine merupakan antiseptik yang bekerja dengan cara merusak sel kuman dan membuat kuman menjadi tidak aktif.


Dalam kondisi seperti ini, akan lebih mudah dengan produk Betadine™ Sore Throat Spray. Dijamin aman dan halal, obat semprot ini termasuk produk dengan permintaan pasar yang tinggi. Saat gejala sakit tenggorokan mulai muncul, segera gunakan Sore Throat Spray dari Betadine. Mulailah jaga kesehatan dari sekarang.

Betadine™ Sore Throat Spray


4. Mandi Air Hangat

Cara alami lebih banyak dipilih karena minim dari risiko efek samping. Salah satunya dengan cara mandi air hangat untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Bagaimana bisa? Ketahuilah, ketika Anda mandi air hangat, maka uap air hangat ini akan melembabkan pita suara. Tambahkan minyak esensial atau aromaterapi supaya tubuh lebih rileks.

Gunakan pula humidifier untuk melembabkan udara di rumah. Pasalnya, ketika tidur dimalam hari, kondisi tenggorokan cenderung lebih kering karena produksi dari air liur yang berkurang. Hal ini berakibat pada peradangan tenggorokan yang makin parah.

5. Mengurangi Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan atau ayam hingga bebek goreng dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Apalagi jika digoreng menggunakan minyak yang berulang sehingga lemak jenuh meningkat. Bahan makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi. Selain itu makanan yang digoreng dapat menyebabkan iritasi saat melewati tenggorokan sehingga memperparah sakit tenggorokan.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber – lifepack.id

Leave a response